Perangkat Gratis Pengaturan Air Pemberat Diluncurkan

691
Photo: maritime-executive.com

Sebuah portal pembelajaran online baru termasuk materi e-learning gratis untuk Aspek Operasional Pengaturan Air Pemberat (BWM) diluncurkan pada 27 April 2015 oleh GEF-UNDP-IMO GloBallast Partnerships Programme dan Global Industry Alliance (GIA).

Perangkat online tersebut dikembangkan oleh Globallast Project dengan dukungan finansial dari GIA untuk membantu implementasi yang lebih luas bagi Konvensi Internasional Pengendalian dan Pengaturan Air Pemberat di Kapal dan Sedimen tahun 2004 (Konvensi BWM).

Portal pembelajaran tersebut dapat diakses secara gratis setelah melakukan pendaftaran. Portal tersebut memberi akses ke sebuah Perpustakaan Sumber online dan e materi e-learning. Selain itu, portal ini juga memiliki fasilitas Free Webinars yang berhubungan dengan BWM di masa depan.

Materi e-learning pada Aspek Operasional BWM didasarkan pada Materi Latihan Lanjutan GloBallast pada Aspek Operasional BWM (yang dikembangkan dengan dukungan finansial dari GIA dan IMO Integrated Technical Cooperation Programme (ITCP)) dan ditujukan kepada pemilik kekuasaan yang akan berurusan dengan aspek operasional pengaturan air pemberat seperti Port State Control Officers (PSCOs), pelaut dan seluruh kru yang berada di kapal. Materi tersebut memiliki empat modul: Pengenalan, Aspek Operasional, Survei dan Sertifikasi, serta Compliance Monitoring and Enforcement (CME). Dalam tiap modul, pengguna akan menjelajahi isu yang menjadi topik modul tersebut, menemukan fakta penting untuk memperluas penngetahuan pengguna terhadap BWM dan menggunakan skenario hipotesis yang telah dirancang dengan hati-hati untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam tindakan.

Portal pembelajaran tersebut juga menawarkan kesempatan untuk mengunduh materi e-learning secara gratis sehingga pengguna dapat menggunakannya secara offline. Hal ini sangat berguna bagi para pelaut yang tidak selalu memiliki akses internet saat berada di atas kapal.

GIA adalah kemitraan pemerintah dan swasta yang dikembangkan oleh GloBallast Project bersama dengan industry pelayaran dan perkapalan untuk membantu mengidentifikasi solusi bagi tantangan yang sering dihadapi oleh industri tersebut termasuk tantangan peningkatan kapasitas dan pelatihan teknologi. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di https://globallast/imo.org/the-gia/.

Portal pembelajaran dari GloBallast dapat juga diakses melalui situs GloBallast: https://globallast.imo.org/. Situs yang sudah dikembangkan ini memberikan akses ke seluruh update terbaru terkait Globallast Project, Konvensi BWM, dan pertemuan IMO, serta akses ke seluruh publikasi GloBallast seperti seri Monograph miliknya (dapat diunduh secara gratis dalam format PDF dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Arab, Inggris, Perancis, Spanyol, dan Rusia). (Ast/Mhf)

 
Sumber: marineinsight.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here