Kadin: Dunia Usaha Butuh Iklim Usaha Kondusif

525
Photo: bisnis.liputan6.com

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai dunia usaha memiliki peranan penting dalam memajukan perekonomian, termasuk di dalamnya adalah penciptaan lapangan kerja. Karenanya, pemerintah perlu menjaga stabilitas negara agar tercipta iklim yang kondusif bagi para pelaku usaha.

“Saat ini Kadin tengah mendorong penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya. Langkah tersebut, katanya, perlu didukung oleh kebijakan pemerintah yang berpihak pada penciptaan iklim usaha yang kondusif, pertumbuhan ekonomi, serta peningkatan daya saing dunia usaha secara nasional,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani dalam Rakornas Kadin 2017 di Jakarta, Selasa (3/10).

Ia menjelaskan, dalam gelaran Rakornas kali ini, pihaknya sengaja melibatkan kalangan swasta untuk mensinergikan langkah dunia usaha dengan kebijakan pemerintah.

“Kami akan menghimpun masukan-masukan strategis dari kalangan dunia usaha. Tak hanya itu kami juga akan sinergikan langkah dengan kebijakan pemerintah,” kata Rosan.

Dalam Rakornas Kadin 2017, Kadin membagi bidang dan sektor usaha ke dalam 14 kluster utama. Beberapa di antaranya adalah:

Pertama, kluster Bidang Perindustrian dan Perdagangan yang membahas pada kesiapan perdagangan dan industri dalam era digital ekonomi.

Lalu ada kluster Bidang Agribisnis, Pangan, Kehutanan, Pengolahan Makanan, Industri Peternakan, Kelautan dan Perikanan yang bahasannya terfokus pada peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan untuk pemerataan ekonomi dan memacu daya saing bangsa.

Kemudian, Kluster Hubungan Internasional. Kluster ini terfokus pada peningkatan kerjasama ekonomi dan bisnis antar bangsa dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here